Jumat, 15 Juni 2012

Melakukan diagnosa sistem




Langkah awal dari melakukan perbaikan terhadap PC adalah kita haruws mengetahui letak atau kerusakan sehingga kita tidak melakukan kesalahan perbaikan , langkah diagnosa merupakan langkah pertama yang harus di lakukan , diagnosa ini meliputi:
POST,diagnosa umum,diagnosa mencari dan memecahkan persoalan.










A.POS
Power on self test(POST) adalah seraingkaian proses test yang di lakukan oleh pc pada saat booting untuk mengetahui kondisi komponen hardware pendukung pc POST Dilakukan pada saat booting memungkinkan user
mengidentifikasi ,melokalisasi menemukan  kesalahan dan melokalisasi letak kesalahan sehingga dapat menentukan langkah perbaikan yang tepat.
pada proses ini jika terdapat kerusakan / eror maka komputer akan menampilkan tanda atau kode kesalahan
kode kode tersebut berupa:
kode suara beep
kode angka
kode pesan singkat
kode kesalahan berupa kode beep /kode angka berbeda beda tergantung dengan jenis biosnya.
1.)Prosedur POST
a.Test power supply di tandai dengan lampu power hidup dab kipas pendingin power supply berputar
b.secara otomatis di lakukan reset terhadap kerja CPU oleh sinyal power good yang di hasilkan oleh power supply jika dalam kondisi baik jika saat di hidupkan , kemudian CPU mulai melaksanakan instruksi awal pada ROM BIOS dan selanjutnya.
c.pengecekan terhadap bios dan isinya 
bios harus di baca instruksi awal ROM. BIOS adalah jump lompat ke alamat program post .
d. pengecekan terhadapCMOS, CMOS harus dapat bekerja dengan baik . program post di awali dengan membaca data set up (setting hardware awal ) pada ROM CMOS set up, sebagai data acuan untuk pengecekan .
e.melakukan pengecekan CPU ,timer (perwaktuan) kendali memory akses langsung,memory bus dan memory modul.
f. memory sebesar 16 kb harus tersedia dan dapat di baca atau di tulis untuk keperluan ROM bios dan menyimpan kode POST. 
g. pengecekan I/O controller dan bus controller, controller tersebut harus dapat bekerja untuk mengontrol proses read /write. termasuk I/O untuk VGA card yang terhubung dengan monitor.
 Jika ada salah satu prosedur post yang tidak berhasil di lewati maka PC akan menerima pesan atau peringatan kesalahan dari post pesan atau peringatan kesalahan dari post pesan atau peringatan kesalahan berupa kode beep  yang di keluarkan melalui speak yang terhubung dengan motherboard /tampilan di layar monitor sesuai dengan standar masing masing motherboard.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar